Dalam menjalankan bisnis tidak seharusnya Anda hanya fokus pada produk dan penjualan saja, perhatikan juga pengelolaan keuangan bisnis Anda. Terlalu fokus pada omset dan tidak mencatat keuangan dengan rapi malah bisa berakibat fatal, padahal dengan laporan keuangan yang rapi Anda bisa mengukur omset sekaligus kerugian yang kemudian hari bisa Anda hindari.

Padahal sekarang ini laporan keuangan bisa dibuat dengan mudah memakai aplikasi keuangan, seharusnya tidak jadi masalah lagi untuk pebisnis melakukan pembukuan. Dan berikut adalah alasan penting kenapa mencatat keuangan bisnis tidak boleh dilewatkan,

  1. Alat Pengendali Keuangan Bisnis

Dikatakan sebagai pengendali keuangan karena dengan pembukuan Anda akan mengetahui biaya-biaya yang tidak diperlukan. Biaya yang kemungkinan tidak perlu bisa Anda take out dan bisnis Anda tetap terkendali.

Tidak hanya sebagai pengendali keuangan saja, catatan keuangan juga menjadi alat penentu untuk Anda mengambil keputusan. Dengan melihat laporan keuangan Anda bisa menentukan kemana fokus selanjutnya, seperti apakah fokus ke pemasaran atau menambah alat produksi.

 

  1. Untuk Mengetahui Untung Rugi

Selain sebagai pengendali keuangan bisnis, fungsi utama laporan keuangan itu sendiri adalah untuk mengetahui untung dan juga rugi. Adanya laporang untung rugi, kedepannya Anda bisa memutuskan tindakan yang tepat terkait pengelolaan bisnis. Anda pun jadi tahu apakah bisnis mengalami peningkatan atau tidak, dan hal tersebut diukur dari kerugian dan keuntungan.

 

  1. Dasar Laporan Pajak Usaha

Pajak adalah kewajiban yang harus dibayar, dan Anda harus selalu melaporkan hasil pajak usaha. Dengan adanya pencatatan keuangan yang rapi dan detail, maka Anda juga akan dengan mudah melaporkan pajak. Hal tersebut karena perhitungan pajak usaha selalu didasarkan pada laporan keuangan yang didapat dari neraca dan laporan laba rugi.

Untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis, laporan keuangan juga sangat berguna untuk pengajuan pinjama dana. Adanya laporan keuangan yang rapi juga memudahkan Anda dalam mendapat investor, hal tersebut karena laporan keuangan akan menunjukkan apakah bisnis tersebut layak atau tidak mendapat bantuan usaha.

Laporan keuangan yang rapi dan jelas juga akan menunjukkan kondisi bisnis Anda  yang sebenarnya. Jika tak ada waktu untuk mengurusi laporan keuangan pun tidak perlu khawatir, sekarang ada aplikasi keuangan seperti Harmony yang akan memudahkan. Kunjungi laman kami di https://www.harmony.co.id/id/home untuk mendapatkan free trial selama 30 hari.