Kehadiran internet kini memudahkan banyak sekali hal, termasuk untuk urusan bisnis. Bahkan untuk mengatur keuangan bisnis pun kini hadir software akuntansi. Internet memang telah menciptakan lingkungan bisnis yang tidak lagi mementingkan waktu dan jarak. Orang memiliki akses untuk mendapat lebih banyak informasi yang bisa membantu mereka membuat keputusan, dan konsumen memiliki akses untuk mengetahui produk dan layanan yang lebih luas jangkauannya.

Sebuah survey bahkan menyatakan bahwa pertumbuhan e-commer sekitar 25% per tahunnya. Banyak pula yang membuktikan bahw  bisnis skala kecil mendapat 40-50% pelanggan baru dari bisnis online, sehingga penjualan dan profit mereka naik dan bisnis menjadi meningkat. Bahkan sekarang ini banyak bisnis startup yang memiliki banyak produk dan karyawan sekalipun hanya mengandalkan market online.

Berikut adalah alasan lain kenapa Anda harus mempertimbangkan bisnis online,

  1. Membuat Pertumbuhan Bisnis Pesat

Untuk berhasil di dunia internet, bukan berarti Anda harus menjadi perusahaan raksasa. Banyak perusahaan berskala kecil dan menengah berhasil membangun bisnis online yang cukup menguntungkan. Bahkan penelitian menunjukkan perusahan kecil dan menengah jadi kekuatan pertumbuhan e-commerce yang utama di tahun-tahun mendatang.

  1. Di Internet Tidak Ada Batasan Akses Dan Lokasi

Internet menjangkau berbagai penjuru dunia dan semua zona waktu. Ini berarti ketika bisnis dilakukan online, terbentuk kapabilitas yang sama. Pada toko fisik, pelanggan dibatasi oleh jam buka-tutup toko. Sebaliknya, bisnis online Anda bisa diakses internet dari area mana saja dan buka 24 jam setiap hari sepanjang tahun. Selain itu, dengan peningkatan marketing mobile, bisnis online Anda mendapat keuntungan lain, yakni bisa diakses siapa saja yang memiliki mobile device. Pelanggan hanya dibatasi oleh jangkauan jaringan mereka.

  1. Tidak Perlu Modal Yang Tinggi

Manfaat signifikan untuk bisnis berskala kecil adalah investasi awal untuk memulai bisnis online umumnya lebih rendah dibanding harga untuk memulai bisnis yang sama menggunakan model tradisional. Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah diperoleh. Banyak bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan rumah tinggal sebagai kantor dengan komputer biasa, beberapa software dasar, dan koneksi internet. Bahkan tanpa modal pun bisa, caranya adalah Anda menjadi seorang dropshipper.

  1. Pemeliharaan Rendah Biaya

Uang sewa gedung, tagihan listrik, biaya keamanan, dan pengeluaran umum kantor lainnya di lokasi fisik bisa meningkat. Dengan bisnis online, Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan banyak pengeluaran ini. Untuk menangani keuangan pun tidak perlu mempekerjakan seorang akuntan handal. Anda cukup memakai software akuntansi saja.

  1. Bangun Aset Digital Akan Membuat Bisnis Anda Mudah Dikenali

Memiliki eksistensi secara online dapat membangun kredibilitas dan profesionalisme Anda. Pelanggan berharap melihat alamat website Anda di kartu nama dan materi promosi lainnya. Mereka bertanya, “Apakah Anda memiliki website?” atau “Bisa saya baca lebih rinci tentang produk dan layanan Anda di sana?” Baik Anda menjual produk atau layanan secara online atau tidak, Anda tetap perlu memiliki eksistensi di internet. Website perusahaan yang baik akan meningkatkan citra perusahaan, terutama bila produk dan layanannya bagus.

  1. Informasi Lebih Mudah Sampai Ke Pelanggan

Beberapa tahun lalu, perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengantarkan update informasi tentang produk atau jasa mereka ke pelanggan. Tapi kini semua telah berubah, kini Anda bisa menambahkan atau membuat konten terkait perubahan pada perusahaan dan produk dalam hitungan jam, menerbitkannya di situs, dan membagikannya ke seluruh dunia.

  1. Support Pelanggan Jadi Lebih Baik

Website Anda menjadi titik kontak untuk Anda, dan manfaatnya jauh lebih baik dibanding kartu bisnis. Pelanggan bisa menghubungi dan berbicara dengan Anda, berkat email dan software live-chat. Bisnis online tidak menemukan kesulitan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui telepon, email, twitter, facebook, dan sebagainya. Ini jadi cara yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Ketika pelanggan menghubungi Anda, mereka ingin jawaban yang cepat. Selain itu, bentuk layanan pelanggan yang fleksibel ini bisa memperpanjang jam operasi fisik sebuah toko. Bisnis online juga menawarkan kenyamanan dalam mengantarkan produk langsung ke depan pintu  pelanggan, tanpa mereka perlu mengalami kemacetan hanya untuk mengunjungi toko Anda dan bertransaksi.

  1. Operasi Rendah Biaya

Mengoperasikan bisnis online jauh lebih efektif dari segi harga dibanding menjalankan perusahaan fisik. Teknologi membuat Anda bisa menjalankan bisnis online, termasuk menangani manajemen persediaan, pembayaran, pengiriman, dan seterusnya.

Melakukan proses bisnis ini melalui sistem online membuat Anda memotong biaya secara signifikan pada hampir semua area bisnis. Selain itu, segala hal jadi jauh lebih mudah karena satu orang bisa melakukan pekerjaan beberapa orang. Misalnya saat komunikasi massal dengan pelanggan. Mengirimkan banyak email ke daftar pelanggan lebih mudah dibanding mengirim 100 orang untuk membagikan flyer. Keuntungan lain, harga transaksi berkurang, karena tidak ada kebutuhan untuk mempekerjakan kasir ketika software kereta belanja membuat pelanggan bica check out sendiri.

  1. Strategi Pemasaran Yang Lebih Disukai

Dengan kemajuan di jaringan media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya, internet membuat pemilik bisnis lebih mudah dan lebih efektif mempromosikan bisnis online mereka. Banyak platform seperti iklan media sosial, email marketing, dan mobile marketing kini hadir untuk membantu mempromosikan bisnis ke pelanggan. Ini juga memudahkan pengatur bisnis untuk melacak dan menganalisa pola pembelian pelanggan mereka, dan bisnis jadi lebih baik dalam menyesuaikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.

  1. Bisnis Tetap Relevan

Internet kini jadi bagian besar dari kehidupan kita. Suka atau tidak, internet tidak menunjukkan tanda akan ditinggalkan. Jadi kenapa kita tidak mengambil manfaatnya secara maksimal? Membuka bisnis online membuat Anda bersentuhan dengan sesuatu yang baru, seperti berbagai blog yang Anda temukan yang memberitahukan informasi terbaru. Agar tetap relevan, bisnis Anda perlu secara konsisten menerbitkan konten yang menarik bagi konsumen. Ditambah lagi, eksistensi secara online di website media sosial jadi bagian besar untuk memperoleh nama dan bisnis di luar sana.

Demikian adalah alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis lewat online. Untuk membuat kebutuhan keuangan dan akuntansi bisnis menjadi mudah,gunakan software  akuntansi yang telah terintegrasi. Harmony adalah software akuntansi yang sangat direkomendasikan, pastikan laporan keuangan selesai cepat, tepat dan akurat sehingga Anda jadi lebih banyak waktu luang untuk mengembangkan bisnis. Kunjungi laman kami di https://www.harmony.co.id/id/home dan dapatkan free trial selama 30 hari.