Software Akuntansi – Management keuangan tentu menjadi tugas yang menguras waktu bagi Anda pemilik bisnis terutama bisnis online. Cepat atau lambat Anda harus berinvestasi dalam perangkat lunak dan sistem akuntansi bisnis kecil untuk mengelola arus kas kamudahan mempersiapkan waktu pajak. Ini karena tak selamanya Anda hanya akan menghitung tagihan listrik, mengelola kas Anda dan menghitung pajak di dalam buku saja.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih cara mengelola keuangan bisnis sesuai kebutuhan Anda. Pada artikel ini, kami dari Harmony yang memiliki Software Akuntansi akan memberikan beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk kemudahan akuntansi bisnis Anda.

  1. Freeshbooks. Freshbook memiliki fitur seperti pembukuan, pengelolaan biaya, pelacakan jarak jauh, juga bisa dijadikan alat penerimaan pembayaran dari klien. Hal ini udah pasti menguntungkan bagi para freelancer, agensi dan pemilik bisnis online. Freshbooks juga dilengkapi dengan fitur pengingat tagihan kepada pelanggan, mengelola klien dan proyek Anda. Harga yang ditawarkan juga bervariatif berkisar antara 15$-50$ perbulan, tergantung dari jumlah pelanggan dan kebutuhan yang diperlukan.
  2. Xero menawarkan berbagai fitur alat akuntansi yang dapat Anda gunakan. Mulai dari pembukuan, sampai pengelolaan biaya tanpa harus repot-repot mengeluarkan kertas lagi serta bisa menampung pembayaran lebih dari 160 jenis mata uang dengan konversi secara otomatis juga nilai tukar yang selalu update.

Selain itu, Xero juga bisa mengirim invoices dan quotes, secara otomatis. Fitur pelacakan inventaris dan membuat pesanan pembelian ke supplier Anda juga bisa dijadikan pilihan utama jika Anda menjual produk secara online maupun offline. Selain itu, Xero juga menawarkan sebuah fitur, yakni Xero Champions dimana fitur tersebut dikerjakan langsung oleh staff akuntan Xero sehingga kualitasnya semakin terpercaya.

  1. Zoho Books. Zoho Books adalah bagian dari koleksi perangkat lunak bisnis Zoho yang juga mencakup CRM, help desk dan, dalam hal ini, aplikasi pembukuan. Jadi jika Anda sudah menggunakan atau berencana menggunakan alat Zoho lainnya, terutama CRM mereka, mungkin masuk akal jika menggunakan perangkat lunak keuangan bisnis mereka juga. Anda mendapatkan sebagian besar fitur yang akan Anda harapkan dari perangkat lunak pembukuan, ditambah pelacakan waktu dan fitur lainnya yang sangat sesuai untuk menjual layanan dan bukan hanya produk.